pintuSATU

Just Open The Door

Oct
21

Beton Instan

Posted by adminsatu 0 Comment

Ada mortar instan ada juga beton instan. Ya yang namanya beton sudah tentu itu campuran antara batu/kerikil/split/screening dengan pasir dan semen lalu diaduk dengan menambahkan air, jadilah beton. Dimana instannya? Instan dalam artian Anda sudah tidak lagi harus menyiapkan material tersebut diatas karena seluruhnya sudah dalam kemasan tinggal tuang saja lalu aduk dengan menambahkan air. Bicara beton tentu tidak terlepas masalah strength. Bagaimana dengan karakteristik kekuatannya? “K”nya bisa sampai berapa? Secara produksi mau “K”nya berapapun bisa didapat tidak ada masalah, namun di pasar saat ini yang “laku” antara K-175 sampai K-400 ada beberapa yang order mencapai K-500. Wah lha enak dong gampang sekarang ini dapetin beton dipasaran tinggal beli aja beton instan ini.. Benar sekali, tetapi setahu saya beton instan belum menjamah pasar retail, jadi kalau Anda mau beton instan harus telpon dulu dengan sales marketingnya perusahaan penyedia produk ini, antara lain Drymix, Indokon, Uzin, Jayamix, dll. Belum semua “pemain” mortar juga memproduksi beton instan ini. Lalu bagaimana dengan harga? Ini dia yang bisa bikin pusing. Harga beton instan itu lebih mahal dari harga beton konvensional juga dalam hal ini beton ready mix. Beda harga bisa terpaut sampai 2 kalinya. Yaaah beli ready mix aja dah atau nyetok material sendiri bikin sendiri. Ya bisa bisa aja Anda buat beton sendiri.concrete-puring Namun untuk K di atas 225 sebaiknya gunakan beton dari ready mix saja selain murah juga kualitasnya terjamin.. Atau beton instan saja yang dari sisi kualitas material juga sudah oke, tinggal diajarin sama supervisinya saja bagaimana nge-mix sendiri itu beton. Ready mix menggunakan truk molen sebagai alat untuk menuju lokasi dan cor di tempat. Bagaimana dengan site yang tidak bisa dijangkau oleh truk molen ready mix? Nah ini dia keunggulan beton instan, karena beton mentahnya masih dalam kemasan biasanya dalam zak 50 kg jadi bisa dibawa kemana-mana ke tempat yang sulit dijangkau sekalipun, kemudian sesampainya di lokasi baru diaduk pakai mesin molen sampai menghasilkan beton yang siap cor, jelas ini lebih fleksibel. 1 zak beton instan ini didalamnya sudah ada pasir, split/screening, dan semen serta additive yang sudah tercampur di dalamnya. 1 zak beton instan biasanya bisa mendapatkan 0,023 m3 beton (consumption rate) sehingga bila kita hendak cor 1 kubik dibutuhkan sekitar 45 zak beton instan (pembulatan).

Material yang dipakai adalah:
Pasir silika pilihan dengan kadar organik rendah serta kadar lumpur yang rendah juga, split atau screening (biasanya dipakai screening karena ukurannya lebih kecil) diameter 5 – 10 mm, serta semen yang sudah dicampur additive biasanya super plastisizer (sekian persen saja). Slump dalam spek berkisar antara 8 sampai dengan 12 plus minus 2cm sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Kekuatan tekan karakteristik K-175 s/d K-500 (umur beton 28 hari).

Alat yang digunakan untuk mencampur adukan adalah mesin mixer (molen).

Sebelum aplikasikan beton instan ini pada proyek Anda, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan pihak produsen dan teknisi terkait untuk pelaksanaan di lapangan sehingga hasilnya memuaskan.

 

Original posted by pintuSATU

828 total views, 13 views today

Leave a Reply


Popular Posts

concrete-puring

Beton Instan

Ada mortar instan ada juga beton instan. Ya yang namanya ...

pasang-bata-ringan

Mortar Pasangan Bata

Untuk membuat dinding kita membutuhkan media/material intinya yaitu bisa batu ...

cms-icon-pintusatu

Cara Membuat Blog di

Apa itu blog? Bagaimana cara membuatnya? Apa keuntungannya? Dan masih ...

aci-plester-aplikasi-pintusatu

Mortar Acian

Kalau kita mau buat dinding (secara umum) maka setelah pasangan ...

mogrify-linux-pintusatu

Resize image pada be

Apabila Anda ingin me-resize ukuran image dari size besar ke ...