home

pintuSATU

Lewat sini & kita akan sampai kesana
Diantara Bilangan Nol & Satu

home

Terdapat keutamaan mengenai shalat berjamaah di masjid bagi mukmin laki-laki (Shalat Isya dan Shubuh), untuk itu coba sejenak kita telaah dan renungkan Hadist Rasulullah SAW yang Insya Allah shahih:

Keutamaannya:

Dari Abu Hurairah RA, Rasululloh SAW Bersabda: Andai manusia mengetahui kelebihan yang terdapat dalam adzan dan shaf pertama (pada shalat berjamaah), kemudian mereka tak mendapatkanya kecuali dengan mengundi, pasti mereka melakukanya. Andai mereka mengetahui kelebihan takbir pertama pada shalat berjamaah, pasti mereka akan berlomba mendapatkannya dan andai mereka mengetahui kelebihan yang ada pada Shalat Isya dan Subuh (berjamaah), tentu mereka akan mendatanginya walaupun dengan merangkak. (H.R. Bukhari Muslim)

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda, shalat berjamaah lebih baik dari shalat sendiri 25 kali lipat, itu karena dia berwudhu dengan sempurna lalu pergi ke masjid dengan tiada tujuan lain kecuali melakukan shalat berjamaah semata, maka tidaklah ia melangkah kecuali setiap langkahnya diangkat kedudukanya satu derajat dan dihapuskan satu dosa. Bila telah shalat, para malaikat memohonkan untuknya rahmat selama ia masih berada di tempat shalat itu dalam keadaan tidak berhadast(para malaikat berdoa : Ya Allah , beri rahmat kepada orang ini dan sayangilah dia). (H.R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dll).

Dari utsman bin Affan RA , Nabi SAW bersabda : Siapa shalat isya berjamaah maka seolah –olah ia telah bangun (qiyamul-lail/shalat tahajud) separuh malam. Dan siapa ygn shalat shubuh berjamaah, seakan-akan telah shalat pada seluruh malam. (H.R. Muslim).

Dari Abdullah bin Mas’ud RA. Aku bertanya pada Nabi SAW : Apakah amalan yang paling utama? Beliau SAW bersabda: SHALAT PADA WAKTUNYA. Aku bertanya. Kemudian apa? Baginda bersabda: Berbakti pada orang tua.  Aku bertanya: Kemudian apa?  Beliau bersabda : Berjuang di jalan Allah. (H.R. Bukhari Muslim).

Ancaman apabila tidak melaksanakan shalat berjamaah di masjid:

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang mendengar PANGGILAN ADZAN, sedangkan tiada udzur yang menghalanginya untuk memenuhi panggilan tersebut, maka TIDAK DITERIMA SHALAT yang dikerjakan. Sahabat bertanya, Apa itu Udzur? , Beliau menjawab : takut bahaya atau sakit(Shahih Sunah Abu Dawud)

Dari Ibn Ummi Maktum, ia pernah bertanya pada Nabi SAW: Wahai Rasulullah! Saya seorang laki-laki BUTA, rumah JAUH (dari masjid) , dan taka da penuntun yang bisa menuntun saya ke masjid. Apakah ada keringanan buat saya untuk melakukan shalat di rumah? Beliau bersabda: Apa kamu mendengar seruan adzan? Jawabnya IYA, lalu Nabi SAW bersabda : Kalau begitu DATANGILAH!(panggilan shalat itu). (H.R. Muslim).

Dari Abdullah bin Mas’ud RA. Siapa ingin bertemu ALLAH (pada hari kiamat ) dalam keadaan MUSLIM, hendaklah MENJAGA SHALAT 5 WAKTU ini ketika DIKUMANDANGKAN ADZAN, karena ALLAH telah mensyari’atkan sunnah dan petunjuk kepada Nabi-nya, SAW. Sungguh kami ingat, TAK SEORANGPUN MENIGGALKAN SHALAT BERJAMAAH kecuali ORANG MUNAFIK yang JELAS KEMUNAFIKANYA. Pernah ada, seorang dipapah ke masjid antara dua orang hingga dia di berdirikan dalam shaf shalat. Seandaniya kalian shalat di rumah kalian, MENINGGALKAN MASJID, berarti kamu telah meninggalkan sunnah Nabi kalian dan jika kamu meninggalkan sunnah Nabi kalian, tentu kalian TELAH SESAT. (H.R. Bukhari Muslim)

Maka CELAKALAH bagi orang yang shalat yaitu orang-orang yang lalai terhadap shalatnya.(Q.S. Al Ma’un 107:4-5).

Semoga diantara kita semua dapat menjaga shalat dengan baik.

 

Related Topics

Categories: Jalan Lurus

5 Komentar yang masuk

  1. ahmad says:

    1. kenapa dk bisa di copy,,,?? klo bisa buat agar dapat di copy, spaya dapat di share lagi,,,
    2. ancaman bagi yg tdk sholat berjamaah..itu hadisnya yg atas sdh benar?
    yg saya dapat tidak sempurna, bukan tdk diterima…

  2. tapi buknnya perempuan itu kan tidak bisa shalat di masjid jika saat-saat tertentu..
    apa benar?
    terimakasih ;)

    • siwujil says:

      Wanita lebih diutamakan shalat di rumah daripada di masjid.
      Dalam ajaran Islam, shalat wanita lebih baik di rumah. Dari Ummu Salamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

      خَيْرُ مَسَاجِدِ النِّسَاءِ قَعْرُ بُيُوتِهِنَّ

      “Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah diam di rumah-rumah mereka.” (HR. Ahmad 6/297. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dengan berbagai penguatnya).

      Demikian, terima kasih atas pertanyaannya.

Isi Komentar



5 − 2 =

Total Views: 63,752
Online Chat With CamPacman
Komputer Anda Bermasalah?
Jasa Service Komputer

Jasa Service Komputer Komputer Anda mengalami error? Windows Anda hang? Mau hijrah ke linux? Bosan dengan Windows? Bikin dual booting di laptop? Ganti system operasi? Masalah virus komputer? Kita coba tawarin solusinya disini. Mengenai harga? Jangan khawatir..
(Next: Jasa Service Komputer)

Popular Posts

tr30_banner

Acian Putih TR30

Saat ini ada alternatif bahan untuk finishing yang lebih baik ...

acian

Acian

Pembahasan mengenai pasangan sudah, plester juga sudah, saatnya bagian acian ...

bung-karno-sholat3_thumb

Keutamaan Shalat Ber

Terdapat keutamaan mengenai shalat berjamaah di masjid bagi mukmin laki-laki ...

masang

Mortar Pasangan (Thi

Untuk membuat dinding kita membutuhkan media/material intinya yaitu bisa batu ...

images

Shalat Tahajud & Sha

Pesan yang selalu terngiang tatkala sedang mendapatkan kesusahan hidup, adalah ...

CARI TIKET? CARI HOTEL?
Tiket Online

Link

  • ahok.org Keadilan Untuk Rakyat Keadilan Untuk Rakyat
  • Mortar Tiga Roda Mortar Tiga Roda Mortar Tiga Roda
  • p45tel -'93 Reuni SMAN 45 Jakarta ’93 Reuni SMAN 45 Jakarta ’93

Blog Traffic

Pages

Pages|Hits |Unique

  • Last 24 hours: 3,031
  • Last 7 days: 19,803
  • Last 30 days: 96,861
  • Online now: 13
Los Angeles SEO

RSS Share This Contact