home

pintuSATU

Lewat sini & kita akan sampai kesana
Diantara Bilangan Nol & Satu

home
Jul
22

Plester

Posted by siwujil 0 Comment

Saya coba langsung saja membahas plester-mortar disini. Dimulai darimana ya enaknya? Okelah kita mulai dari sepintas apa itu plester dulu. Bagi kalangan yang bergerak di bidang bangunan tentu sudah tahulah apa itu plester, yakni bahan material untuk menutupi pasangan dinding yang sudah berdiri, bisa itu pasangan dari bata merah, batako, bata ringan dsb. Untuk apa diplester? Ya sebagai pelindung dari bahan material didalamnya dan sekaligus juga untuk meratakan permukaan dari dinding pasangan itu sendiri. Kalo ga di plester gimana? Ya monggo tidak diplester ya juga ga ada masalah, tetangga saya di kampung habis masang dinding pake bata merah ga di plester lagi, ya dindingnya aman-aman aja, hehe. Kalau pasangan dinding apapun mau diekspos tanpa plester ya monggo terserah aja, mungkin untuk estetika dsb. Bicara plester kita bicara tentang hal finishing, bukan struktur yang nota bene wajib mengikuti kaidah-kaidah bangunan yang ada. Plesteran pada umumnya adalah material bahan yang merupakan campuran semen pasir dengan perbandingan tertentu misal: 1:4, 1:5 dst, ada juga saya pernah jumpai plester konvensional semen pasir pakai adukan perbandingan semen pasirnya 1:10, muke gileee kata orang mortar. Apa ngga nyoplok itu nanti? apa bisa nempel? Ya buktinya bisa tuh, hmm tapi logis saja makin tinggi angka perbandingan pasirnya makin rentan coplok itu plesteran. Tapi yang melakukan itu berdalih kalau nanti aciannyalah yang akan mengcover keseluruhan permukaan dinding plesteran tersebut. Salah besar! Acian yang baik harus didukung oleh kondisi plesteran yang baik juga. Plester bagus ga retak ya aciannya bisa retak bisa juga tidak (tergantung aciannya juga), tapi kalau plesterannya retak sudah tentu aciannya pasti ikut retak dan akhirnya nyoplok kata mandor sebelah ;)

Lalu plester mortar kayak gimana? Sudah pasti lebih baik dan lebih oke dibanding plester konvensional, kenapa? Karena dari sisi bahan materialnya saja plester mortar lebih baik perbandingan semen pasirnya ditambah lagi adanya filler lain seperti penggunaan bahan kapur (Kalsium Karbonat) plus lagi additif buat memperkaya aksi nempel dan masih banyak keuntungan lainnya. Lagi-lagi kenapa bisa begitu? Sudahlah yang jelas plester mortar adalah produk dari hasil olahan pabrik industri yang sudah teruji kualitasnya. Dari pasirnya saja adalah pasir pilihan seperti pasir silika, kwarsa, semennya juga lebih banyak sih ;) . Jadinya lebih mahal harganya. Hupss ya memanglah (baca: postingan ttg pengenalan mortar).

Untuk aplikasi sangat enak dikerjakan daripada plester konvensional, maksudnya enak yaitu si tukang plesternya dengan mantab memoleskan plesteran ke pasangan dinding dengan mudah karena ya itu tadi karena gampang nempel adukan lebih pulen dan dengan tingkat kekeringan adukan yang cukup (tidak cepat kering dan juga tidak lama kering) ini akibat dari penggunaan additif pada komposisi plester mortar. Pantesan mahal lha wong macem-macem isinya ya? Betul, tapi jangan salah, ada produsen mortar yang tidak menggunakan additif lho dalam daftar komposisinya? Hebatnya, saat aplikasi dan hasil akhirnya sama dengan yang pake additif. Ini trik untuk menekan harga plester mortar di pasaran, dengan tidak membubuhi additif maka harga bisa ditekan. Kenapa yang lain pakai additif? Kalo ternyata ga pake additif juga bisa nempel tuh? Tunggu dulu kita sudah agak melompat membicarakan hal ini. Tapi ya okelah. Additif yang digunakan apa aja sih? Ada yang namanya anti mlorot (anti sagging), terus pakai lagi yang namanya bonding agent, dsb. Dan komposisi pemakaian atau dosis yang diberikan relatif sedikit sekali terhadap bahan campuran plester mortar itu sendiri. Akan tetapi efek yang ditimbulkan cukup signifikan. Mengenai produsen yang tanpa additif tadi, ya ga tau juga sih. Ini cuma sekedar wacana aja kalau komposisi mortar yang baik atau relatif bagus itu yang kayak gimana? Buktinya ada kasus ini. Ya selama hasil oke di lapangan ga ada masalah buat apa mbikin yang mahal, yang murah aja bisa kok, kan jadinya margin keuntungan bisa didongkrak. Semuanya kembali ke konsumen, banyak pilihan plester mortar diluar sana? Mana yang paling bagus? Semuanya bagus? Tidak ada promosi iklan “kecap nomer dua” selalu…”kecap saya nomer satu”. Secara teknis plester mortar lebih baik, efektif, efisien dan ekonomis, tunggu dulu, lha kok mahal dibilang ekonomis? Bicara keuntungan ekonomis kan tidak melulu terhadap harga materialnya saja tapi coba perhatikan dari waktu pengerjaan, hasil yang didapat, kan pakai plester mortar akan memperpanjang usia keawetan bangunan itu sendiri.

Mengenai aplikasi, metode, spek teknis dari masing-masing produsen ya beda-beda tipis, langsung saja lihat informasi detail dari produk-produknya lewat website mereka langsung. Yang jelas diantara semuanya adalah untuk mempermudah kita dalam hal mlester dinding, kalau metode pengerjaan mereka njlimet karena ini produk spesial ya menurut hemat saya ga usah beli dari produk yang njlimet itu, lha buat apa, toh teknologi harusnya mempermudah kita dalam pengerjaannya.

Beberapa produsen plester mortar antara lain: Drymix, Mortar Utama, Uzin, Asana, S3, Prime Mortar, . . dsb

 

 

Related Topics

Categories: Mortar

Isi Komentar



9 + = 15

Total Views: 8,378
Online Chat With CamPacman
Komputer Anda Bermasalah?
Jasa Service Komputer

Jasa Service Komputer Komputer Anda mengalami error? Windows Anda hang? Mau hijrah ke linux? Bosan dengan Windows? Bikin dual booting di laptop? Ganti system operasi? Masalah virus komputer? Kita coba tawarin solusinya disini. Mengenai harga? Jangan khawatir..
(Next: Jasa Service Komputer)

Popular Posts

tr30_banner

Acian Putih TR30

Saat ini ada alternatif bahan untuk finishing yang lebih baik ...

acian

Acian

Pembahasan mengenai pasangan sudah, plester juga sudah, saatnya bagian acian ...

masang

Mortar Pasangan (Thi

Untuk membuat dinding kita membutuhkan media/material intinya yaitu bisa batu ...

beton instan

Beton Instan

Beton Instan.. Ada mortar instan ada juga beton instan. Ya yang ...

popup_album

Album Menara DEA

Beberapa foto yang masih tersimpan dalam format digital, tadinya mau ...

CARI TIKET? CARI HOTEL?
Tiket Online

Link

  • ahok.org Keadilan Untuk Rakyat Keadilan Untuk Rakyat
  • Mortar Tiga Roda Mortar Tiga Roda Mortar Tiga Roda
  • p45tel -'93 Reuni SMAN 45 Jakarta ’93 Reuni SMAN 45 Jakarta ’93

Blog Traffic

Pages

Pages|Hits |Unique

  • Last 24 hours: 2,285
  • Last 7 days: 16,327
  • Last 30 days: 63,425
  • Online now: 13
Los Angeles SEO

RSS Share This Contact